Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Materi Kalor Berorientasi Peta Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Saprudin Saprudin Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Khairun
  • Fatma Hamid Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.135

Keywords:

Efektivitas, Multimedia Interaktif, Penguasaan Konsep, Kalor

Abstract

Artikel ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan model multimedia pembelajaran fisika berorientasi peta kompetensi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di provinsi Maluku Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas penggunaan multimedia interaktif (MMI) dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa SMA khususnya pada materi kalor. Penelitian eksperimen ini menggunakan randomized control group pretest-posttest design dengan sampel siswa kelas X pada salah satu SMA di Kabupaten Halmahera Barat. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yakni uji kompetensi siswa yang berisi kemampuan yang diujinasionalkan terkait materi kalor. Hasil perhitungan Effect Size menunjukkan bahwa besarnya Cohen’s d effect size antara kelas eksperimen 1 dengan kelas kontrol sebesar 3,7 (tinggi) dan antara kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol sebesar 0,7 (sedang). Hal ini berarti bahwa penggunaan MMI secara signifikan efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa pada kemampuan yang diujinasionalkan khususnya pada materi kalor. Besarnya effect size menunjukkan bahwa implementasi MMI lebih efektif jika digunakan dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tertentu dalam hal ini model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

BSNP, Puspendik, Balitbang Kemdikbud. (2012). Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012 v.1 (Software). Kemdikbud.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.

Kotrlik, J. W., Williams, H. A., & Jabor, M. K. (2011). Reporting and Interpreting Effect Size in Quantitative Agricultural Education Research. Journal of Agricultural Education, 52(1), 132-142.

Munadi. (2008). Media Pembelajaran. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nandy, K. (2012). Understanding and Quantifying EFFECT SIZES. Tersedia: https://pdfs.semanticscholar.org/8a0f/c6e54919829d3c4f49284e0396b57a97d7cb.pdf [17 Desember 2017].

Rahman, M. H., Saprudin, S., Mubarak, H., & Hamid, F. (2017). Evaluasi Program IbM Pendampingan Penyusunan Borang Akreditasi Bagi Sekolah Dasar Di Kota Ternate. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 9(2), 59-65.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer; Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung : Alfabeta

Saprudin. (2015). Efektivitas Penerapan Model Kooperatif STAD Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Penguasaan Siswa SMA terhadap Kemampuan yang Diujinasionalkan Mata Pelajaran Fisika di Maluku Utara. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), ISBN: 978-602-19655-8-0, Halaman 529 – 532

Saprudin, S., Liliasari, L., & Prihatmanto, A. S. (2017, September). Pre-Service Physics Teachers’ Concept Mastery and the Challenges of Game Development on Physics Learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 895, No. 1, p. 012109). IOP Publishing.

Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning; Teori riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Thalheimer, W., & Cook, S. (2002). How to calculate effect sizes from published research: A simplified methodology. Work-Learning Research, 1-9

Downloads

Published

2018-01-28

How to Cite

Saprudin, S., & Hamid, F. (2018). Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Materi Kalor Berorientasi Peta Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Atas. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 29–38. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.135

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 2573 | File Views: 2843