Komparasi Hasil Belajar pada Pembelajaran Fisika Materi Gerak Lurus Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Belitang
DOI:
https://doi.org/10.30599/jti.v12i1.608Keywords:
Talking Stick, Hasil Belajar, Metode pembelajaran, Snowball ThrowingAbstract
Penelitian ini berupaya untuk mengetahui sejauh mana perbedaan hasil belajar Fisika yang dalam pembelajarannya menerapkan metode Snowball Throwing dan metode Talking Stick di SMA Negeri 1 Belitang. Adapun Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Belitang OKU Timur. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara acak. Kelas yang terpilih akan digunakan sebagai kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Adapun teknik pengumpulan data yang dggunakan yakni tes, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan uji-z. Sesuai dengan pengolahan data yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 82,00 dan nilai rata-rata kelas eksperimen II sebesar 69,33. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbandingan hasil belajar Fisika yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Snowball Throwing dengan metode pembelajaran Talking Stick pada materi Gerak Lurus kelas X di SMA Negeri 1 Belitang, sebab nilai Zhit = 7,08 tidak terletak antara -1,96 dan 1,96, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Downloads
References
Ansori. (2008). Teori Taksonomi Bloom. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran (cetakan kesembilan). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47-58.
Hamalik, O. (2011). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Sistem Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdayana, J. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munawaroh, M., & Alamuddin, A. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi. EduMa, 3(2), 163-173.
Purbowo, G. A., & Hendikawati, P. (2012). Keefektifan Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lembar Kegiatan Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1).
Siregar, Eveline dan Hartini, N. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilawati. S. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick Dan Snowball Throwing Pada Materi Redoks Kelas X MA UNIVA Medan. Cheds: Journal of Chemistry, Education, and Science, 2(1), 56-67.
Yahya, N., & Nur, M.U.C.H. (2013). Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Peralatan Pengendali Daya Tegangan Rendah Di SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1).