Hubungan Antara Kecepatan Membaca dan Pemahaman Isi Bacaan

  • Eka Agustina STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Dwi Andriani STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Muhammad Muklas STKIP Nurul Huda Sukaraja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan korelasi antara kecepatan membaca dengan pemahaman isi bacaan pada pembelajaran bahasa Inggris kelas VII SMP Negeri 1 Buay Madang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa dengan kecepatan membaca tertinggi berada pada interval lebih dari 152 sebanyak 1 siswa (3,22%) dan siswa dengan pemahaman isi bacaan tertinggi berada pada interval 81 – 100 sebanyak 3 siswa (9,67%). Karena terbukti secara signifikan (meyakinkan) adanya hubungan korelasi sebesar 0,042 < 0,05 dan derajat hubungan terdapat nilai 0,367 (kedua variabel berkorelasi rendah), maka hal ini dapat disimpulkan bah tidak terdapat korelasi antara kecepatan membaca dengan pemahaman isi bacaan.

Keywords: Kecepatan Membaca, Pemahaman, Isi Bacaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asdam, M. (2016). Bahasa Indonesia (Pengantar Pengembangan Kepribadian dan Intelektual). Makassar: LIPa.

Chang, A. (2010). The Effectof a TimedReadingActivityon EFL Learners: Speed, Comprehension, andPerceptions. Reading in a ForeignLanguage, 22(2), 284-303.

Keraf, & Gorys. (2005). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
.
Khotimah, A. K., Djuanda, D., & Kurnia, D. (2016). Keterampilan Membaca Cepat Menemukan Gagasan Utama. Jurnal Pena Ilmiah , 341-350.

Magno, C. (2010). The effectofscaffoldingonchildren’sreadingspeed, readinganxiety, andreadingproficiency. TESOL Journal, 3(2), 92.

Nurlela. (2016). Hubungan Kecepatan Membaca dengan Kemampuan Memahami Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tanjung Pinang Tahun Pelajaran 2015/2016. Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang

Nurhadi. (2016). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Aldensido.

Sari, K. R., Zulela, M. S., &Boeriswati, E. (2017). Keterampilan Membaca Cepat Melalui Metode Resitasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 79-88.

Sibali, M. R., & Amran, A. F. (2019). Hubungan Antara Kecepatan Membaca dengan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Makassar. In Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Soedarso. (2006). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, & Henry, G. (2015). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Published
2021-01-28
How to Cite
Agustina, E., Andriani, D., & Muklas, M. (2021). Hubungan Antara Kecepatan Membaca dan Pemahaman Isi Bacaan. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(1), 28–38. https://doi.org/10.30599/jti.v13i1.698