Strategi Umpan Balik Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Model Pembelajaran IPA SD Tahun Ajaran 2015/2016

Authors

  • Wiworo Retnadi Rias Hayu Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v9i1.77

Keywords:

model pembelajaran IPA SD, evaluasi, program perkuliahan

Abstract

Evaluasi program perkuliahan Model Pembelajaran IPA SD dilakukan dengan tahapan evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses, evaluasi output dan evaluasi dampak. Semua data yang dikumpulkan menjadi kesatuan yang kompleks dari proses perencanaan, proses pelaksanaan dan proses penilaian. Tahap evaluasi konteks merupakan tahapan need assesment untuk mengetahui kebutuhan evaluasi. Evaluasi input merupakan evaluasi yang dilakukan dalam mengidentifikasi rencana perkuliahan semester (RPS) Model Pembelajaran IPA SD. Evaluasi proses mengidentifikasi proses perkuliahan Model Pembelajaran IPA SD. Evaluasi output merupakan evaluasi dari hasil penilaian, selain itu evaluasi ini dilengkapi dengan evaluasi dampak yang ditimbulkan setelah memperoleh perkuliahan Model Pembelajaran IPA SD. Laporan evaluasi program perkuliahan Model Pembelajaran IPA SD selanjutnya disampaikan kepada dosen pengampu mata kuliah, pihak yang berwenang, dan stakeholder yang berkepentingan dalam perkuliahan sehingga hasil evaluasi pembelajaran dapat menjadi rekomendasi perbaikan dan pengambilan keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. (2016). Perkuliahan. Diakses dari http://www.fisip-unipas.com pada Sabtu, 22 April 2017. Anonim. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Diakses dari Kbbi.web.id. pada Sabtu, 22April 2017.

Firman, H. & Kuniawati, I. (Eds). (2007). Monitoring & Evaluasi Program Lesson Study: Lesson Learned dari JICA-SISTEMS. Bandung: FPMIPA Universitas Pendendidikan Indonesia.

Firman, H. (2008). Monitoring and Evaluation Strategy of Lesson Study Programme; Strategi Monitoring dan Evaluasi Program Lesson Study. Internasional Conference on Lesson Study. Faculty of Mathematics and Science Education Indonesia University of Education on July 31- August 01, 2008.

Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. (2012). Program evaluation: Alternatives, approaches, and practical guidelines (4th ed.). Boston: Pearson Education Inc.

Stigler, J.W. & Hiebert, J. (1999). The Teaching gap: Best Ideas from The World’s Teacher for Improving Education in The Classroom. New York: The Free Press.

Worthen, B. R. & Sanders, J. R. (1997). Educational Evaluation: An Alternative Approaches and Practical Guidance. White Plains (NY): Logman.

Yudisarti, A. (2017). Laporan Hasil Evaluasi PBM Semester Ganjil 2016/2017. Bogor: Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Djuanda.

Downloads

Published

2017-08-29

How to Cite

Hayu, W. R. R. (2017). Strategi Umpan Balik Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Model Pembelajaran IPA SD Tahun Ajaran 2015/2016. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 9(1), 18–22. https://doi.org/10.30599/jti.v9i1.77

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 1878 | File Views: 1536