Pengaruh Alqurun Teaching Model (ATM) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa

  • Rahayu Soraya STKIP Al Islam Tunas Bangsa
  • Tri Dewantari STKIP Al Islam Tunas Bangsa
  • Diah Nur Hafifah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Alqurun Teaching Model (ATM) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Desain dalam penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test kelas kontrol dan kelas eksperimen yang berpedoman pada nilai yang terdapat dalam tabel Equal variances assumed. Dengan demikian, diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga signifikansi kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Alqurun Teaching Model terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Keywords: Alqurun Teaching Model (ATM), Kemampuan Representasi Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa mts iskandar muda batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).

Armadan, A., Somakim, S., & Indaryanti, I. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele di Materi Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 49–57.

Development, O. for E. C. and. (2016). PISA 2015 results in focus. PISA.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity Journal, 2(1), 85–99.

Mustangin, M. (2015). Representasi Konsep dan Peranannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 1(1), 15–21.

Putri, R. S. P., & Munandar, D. R. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Pemecahan Soal Matematika pada Materi Bilangan Bulat dan Pecahan. Prosiding Sesiomadika, 2(1a).

Rusman, M. P. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (edisi kedua). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setyawati, A. (2017). Pengembangan Lkpd Berbasis Alqurun Teaching Model (Atm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Universitas Lampung.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Suherman, S., Suharno, A. S., & Istihana, I. (2019). Alquran Teaching Model: The Effect Of Problem Solving Ability And Gender On Mathematics. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 3(1), 13–26.

Suryana, A. (2012). Kemampuan berpikir matematis tingkat lanjut (advanced mathematical thinking) dalam mata kuliah statistika matematika 1. Yogyakarta: UNY.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. cet. 3. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sutiarso, S. (2016). Model Pembelajaran ALQURAN (Alquran Teaching Model). Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science & Education National Conference (MSENCo).

Umaroh, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal PISA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 40–53.

Widakdo, W. A. (2017). Mathematical representation ability by using project based learning on the topic of statistics. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 12055.
Published
2021-01-28
How to Cite
Soraya, R., Dewantari, T., & Hafifah, D. (2021). Pengaruh Alqurun Teaching Model (ATM) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.30599/jti.v13i1.923