Efektivitas Penggunaan Google Suite For Education Selama Masa Pandemi Covid-19 Di STKIP Al Islam Tunas Bangsa

Authors

  • Siti Solikah STKIP Al Islam Tunas Bangsa
  • Nurhanurawati Nurhanurawati STKIP Al Islam Tunas Bangsa dan Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v13i2.997

Keywords:

Google Suite for Education, kecakapan kolaboratif, pembelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Google Suite for Education selama masa pandemi Covid-19 di STKIP Al Islam Tunas Bangsa. Penelitian ini merupakan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45mahasiswa STKIP Al Islam Tunas Bangsa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner atau angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan angket keefektifan penggunaan Google Suite for Education (Google Classroom dan Google Meet) dan lembar observasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan anallisis deskriptif, diperoleh kesimpulan bahwapembelajaran daring menggunakan Google Suite for Educationdirasa efektif untuk digunakan sebagai alternatif pembelajaran bagi mahasiswa di di STKIP Al Islam Tunas Bangsa ketika masa pandemi covid-19. Pembelajaran dengan Google Suite for Educationbaik itu Google Classroomdan Google Meet dapat bermanfaat bagi dosen ataupun mahasiswa agar dapat memahami teknologi yang berkaitan dengan pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldi, A., Triaswati, E., & Rahmawan, A. F. (2020). Implementation of the GSE (Google Suite Education) Program at SD Muhammadiyah 09 Plus in the Covid-19 Pandemic Era. Omega : Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 6(2), 21–26.

Arnawa, I. N., & Setiawan, I. M. D. (2021). Pengaruh Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Tingkat Computer Self-Efficacy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 34–42. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/29737

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis pembelajaran online masa wfh pandemic covid-19 sebagai tantangan pemimpin digital abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.

Dini, J. U., Listia, W. N., & Utara, S. (2020). Tingkat Kebutuhan Guru Paud Terhadap Penggunaan Google Classroom Selama Masa Pandemi. Jurnal Usia Dini, 6(2), 48–53.

Hayat, Z. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Mts Negeri 2 Purbalingga Tahun Pelajaran 2020/2021. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 132–139.

Marlinda, L., Handayanna, F., Agasya Tutupoly, T., & Aziz, F. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Untuk Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.33480/abdimas.v3i1.2032

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah praktik di pendidikan vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224-231.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mu’ti, Y. A. (2020). Efektivitas pembelajaran online dengan Microsoft Teams pada pelajaran Matematika Materi Program Linear. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 347–358.

Nur, M., Pradipta, G. D., & Maliki, O. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pjok Siswa Kelas Ix Di Mtsn 2 Semarang Selama Pandemi Covid–19. Seminar Nasional KeIndonesiaan, V, 108–125. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/1139

Prasetio. (2020). Analisa Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Google Task Di Lingkungan Akademik Menggunakan Metode Tam. Jurnal Responsif, 2(1), 65–74.

Raharjo, W. S., Sebastian, D., Chrismanto, A. R., & Saputra, L. K. P. (2019). Pemanfaatan G Suite for Education untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar dan Kapasitas Guru SMA. Prosiding Seminar Nasional Hasul Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 100–105.

Rahmanto, M. A., & Bunyamin, B. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 119-135.

Ramadhani, S., & Gustin, E. (2020). Tanggapan Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 8(3), 278–281. https://doi.org/10.26418/justin.v8i3.40007

Rozak, A., & Albantani, A. M. (2018). Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classroom. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 83–102.

Rustaman, A. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Daring, Video Conference Dan Sosial Media Pada Mata Kuliah Komputer Grafis 1 Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 557–562.

Salim, & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Penerbit Kencana.

Sari, N., Dewi Kartini Ompusunggu, V., & Daliani, M. (2020). Analisis Penggunaan Media Google Classroom terhadap Proses Belajar Mengajar pada Mahasiswa PGSD Universitas Quality Selama Masa Bencana Pandemi Covid-19. Journal of Education and Teaching (JET), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.51454/jet.v1i1.6

Susanti, D. I., & Prameswari, J. Y. (2020). Adaptasi Blended Learning di Masa Pandemi COVID-19 untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Lingua Susastra, 1(2), 50-61.

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78.

Talib, A., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Google Suite for Education Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaboratif Siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(1), 34. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4470

Downloads

Published

2021-10-29

How to Cite

Solikah, S., & Nurhanurawati, N. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Suite For Education Selama Masa Pandemi Covid-19 Di STKIP Al Islam Tunas Bangsa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(2), 10–19. https://doi.org/10.30599/jti.v13i2.997
Abstract Views: 966 | File Views: 706