Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI <p style="text-align: justify;"><strong>Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences</strong> merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Nurul Huda.&nbsp;<strong>Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences</strong>&nbsp;berfokus tentang&nbsp;<strong>KEPENDIDIKAN DAN MULTI SCIENCE. </strong>Jurnal ini mempunyai nomor&nbsp;<strong>E-ISSN 2581-1452</strong>&nbsp;dan&nbsp;<strong>P-ISSN 2087-4839,&nbsp;</strong>bersifat <em>Open Acces</em> dan dapat diunduh secara gratis.&nbsp;<strong>Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences </strong>telah<strong> terakeditasi </strong>Kemenristekdikti dengan SK No. 30/E/KPT/2018</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Indexing by:</strong> DOAJ,<strong>&nbsp;</strong>Google Scholar,&nbsp;OneSearch, PKP|Index, Moraref, Neliti, Base,&nbsp;DRJI, WorldCat, Garuda, Portal Garuda, dll.</p> en-US jti@stkipnurulhuda.ac.id (Titian Ilmu:) thohaf@stkipnurulhuda.ac.id (Thoha Firdaus) Mon, 28 Jan 2019 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Hubungan Mind Map dan Motivasi Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP di Kabupaten OKU Timur https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/350 <p>Implementasi metode Mind<em> Map </em>dalam hubungannya dengan motivasi belajar siswa terhadap pembentukan karakter berlangsung dengan menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara <em>Mind Map</em> dan motivasi belajar siswa dalam pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif melalui pendekatan korelasi dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS 20, bahwa hasil nilai kemampuan menulis siswa dominan berada pada kategori baik. Hasil nilai motivasi belajar siswa ada 26 siswa dengan kategori tinggi (32,92%), 52 siswa dengan kategori sedang (65,82%), dan 1 siswa memiliki kategori rendah (1,27%). Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara <em>Mind Map (</em>hasil kemampuan menulis siswa) dan motivasi belajar terhadap pembentukan karakter siswa yang dapat menumbuhkan karakter positif, yaitu: memiliki perilaku mencerminkan sikap beriman, berakhlak mulia, berilmu jujur, disiplin,bertanggung jawab, percaya diri, peduli, dan rasa ingin tahu.</p> Eka Marwati, Dwi Andriani, Hastuti Retno Kuspiyah ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/350 Thu, 17 Jan 2019 09:52:51 +0000 Tinjauan Etika terhadap Kloning Manusia https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/354 <p>Etika ialah cabang filsafat yang mengkaji prinsip-prinsip moral yang mengatur perilaku seseorang, sehingga dapat juga disebut sebagai filsafat moral. Disiplin etika lebih bersifat normatif dan preskriptif daripada deskriptif atau eksplanatori. Kaidah-kaidah etika perlu dipergunakan dalam menentukan objek penelitian dan aplikasi pengetahuan, agar terhindar dari kemunculan dampak negatif dari riset sains dan penerapan pengetahuan sains di masyarakat, seperti kerusakan lingkungan dan dehumanisasi. Sejauh ini kasus isu moral terkait sains yang menjadi wacana publik salah satunya adalah kloning manusia. Terdapat dua jenis kloning yang sasaran utamanya manusia, yaitu kloning reproduksi (<em>reproductive cloning</em>) dan kloning terapeutik (<em>therapeutic cloning</em>). Kloning reproduktif bertujuan untuk menghasilkan individu baru, sedangkan pada kloning terapeutik, embrio manusia diklon bukan untuk tujuan reproduksi melainkan untuk pembuatan sel-sel punca (<em>stem cells</em>) untuk mengobati berbagai penyakit manusia. Sel-sel punca adalah sel-sel yang relatif belum terspesialisasi dan dapat mereproduksi diri secara tak terbatas, dan dalam kondisi yang sesuai berdiferensiasi menjadi sel-sel terspesialisasi menjadi satu tipe sel atau lebih. Keberhasilan teknik-teknik kloning manusia menimbulkan isu-isu etis yang menyulut debat panas. Berdasarkan paham teleologi dapat dinyatakan bahwa kloning reproduktif manusia tidak etis ditinjau dari akibat yang dapat ditimbulkan dari teknologi tersebut, seperti mengacaukan silsilah keturunan, rentan terhadap pelanggaran hak hidup yang layak, dan resiko kecacatan.</p> Evi Suryanti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/354 Thu, 17 Jan 2019 10:16:23 +0000 Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/351 <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendidikan literasi pada pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Nurul Huda. Teori yang digunakan adalah teori literasi Tylaar bahwa literasi meliputi empat ketrampilan berbahasa. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif berupa studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendidikan literasi di pontren tercermin dalam lima metode pembelajaran yaitu; makanani (terjemahan tatabahasa), bandongan (memaknai teks dengan panduan guru secara bersama-sama/kelompok besar), sorogan (presentasi individu terkait suatu materi), musyawarah (diskusi), dan muhafadoh (hafalan).</p> Lailatul Fitriyah, Marlina Marlina, Suryani Suryani ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/351 Thu, 24 Jan 2019 14:52:34 +0000 Eksperimen Mandiri Siswa dalam Penentuan Percepatan Gravitasi Bumi pada Materi Gerak Jatuh Bebas https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/385 <p>Siswa selalu berpikir bahwa jumlah massa mempengaruhi percepatan jatuh benda vertikal. Melalui eksperimen mandiri yang dilakukan siswa kelas X, akan mengubah cara berpikir siswa dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah menentukan berapa waktu tempuh yang dimiliki dua benda yang mengalami gerak jatuh bebas dengan massa yang berbeda. Eksperimen menggunakan media gerak jatuh bebas yang terintegrasi oleh komputer/laptop. Eksperimen didampingi oleh guru, kemudian mereka menyimpulkan sendiri hasil dari analisis yang didapatkan. Hasil yang didapat siswa untuk kedua benda masing-masing adalah 0,4904 s dan 0,4828 s.</p> Thoha Firdaus; Erwin Erwin, Rosmiati Rosmiati ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/385 Sat, 26 Jan 2019 06:26:55 +0000 Keanekaragaman Aves di Kawasan Cagar Alam Pananjung Pangandaran https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/393 <p>Aves memiliki potensi yang menarik untuk diamati dengan berbagai jenisnya. Penurunan populasi aves banyak disebabkan karena perburuan liar untuk keperluan komersil. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aves di kawasan Cagar Alam Pananjung kabupaten Pangandaran. Metode yang digunakan deskriptif dengan desain penelitian menggunakan desain <em>point count</em> pada 10 stasiun (titik pengamatan). Hasil penelitian menunjukan terdapat 43 jenis aves yang berhasil diamati pada seluruh stasiun dari 26 famili. Terdapat beberapa jenis aves yang termasuk dalam kategori terancam punah dan rentan. Hasil analisis setiap stasiun dapat disimpulkan bahwa beberapa jenis aves banyak ditemukan dikawasan hutan dengan vegetasi pohon-pohon tinggi hal ini dikarenakan mereka lebih aman untuk berkembang biak dan bertahan hidup daripada didekat pemukiman atau kawasan wisata. Perlu adanya tindak lanjut dari pemerintah setempat untuk upaya konservasi yang lebih serius dimasa yang akan datang agar supaya dapat mencegah penurunan populasi yang signifikan.</p> Iwan Setia Kurniawan, Fransisca Sudargo Tapilouw, Topik Hidayat, Wawan Setiawan ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/393 Sun, 27 Jan 2019 09:11:42 +0000 Pengaruh Pemanfaatan Mobile Instant Messaging Terhadap Self-Efficacy dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Hukum Newton https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/403 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan <em>mobile instant messaging (MIM) </em>WhatsApp terhadap <em>self efficacy </em>dan kemampuan kognitif siswa pada materi Hukum Newton. Desain penelitian yang digunakan adalah <em>non-equivalent control group design</em>. Penelitian ini menggunakan subyek siswa SMAN 9 Bandar Lampung kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah masing-masing 30 siswa pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah <em>independent sample t-test </em>untuk uji parametrik dan <em>Mann-Withney U-test </em>untuk uji non parametrik. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata <em>post-test</em> <em>self efficacy </em>pada kelas eksperimen 80,1 sedangkan pada kelas kontrol 67,06. Rata-rata <em>postest</em> kemampuan kognitif siswa pada kelas eksperimen 81,33 dan pada kelas kontrol 73,66. Perbedaan kedua kelas baik pada <em>self efficacy </em>dan kemampuan kognitif sangat &nbsp;signifikan dimana nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa <em>self efficacy </em>dan kemampuan kognitif siswa yang memperoleh pembelajaran berbantuan <em>MIM WhatsApp</em> lebih baik dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan <em>WhatsApp.</em></p> Rika Dwi Kurniati, Wayan Suana, Nengah Maharta ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/403 Sat, 02 Feb 2019 14:15:45 +0000