KETERAMPILAN GURU DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

  • tri ratna dewi stkip nurul huda

Abstract

Artikel ini membahas mengenai bagaimana seorang guru memiliki keterampilam dalam menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Efektif. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil penelusuran berbagai sumber pustaka dan pemanfaatan jurnal yang terkait dengan keterampilan guru dalam menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Efektif. Proses pembelajaran seharusnya mampu menciptakan suasana kelas atau iklim kelas yang kondusif untuk mendukung terciptanya kualitas proses pembelajaran yang baik. Penciptaan lingkungan pembelajaran yang efektif adalah soal mengetahui beberapa teknik (strategi) yang dapat dipelajari dan diterapkan setiap guru. Untuk menciptakan lingkungan yang efektiff dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan beberapa hal, yaitu mengelola kelas secara efektif, mengelola aktivitas kelas secara efektif, dan manajemen dalam menghadapi perilaku yang bermasalah. Dalam hal ini menunjukkan seberapa jauh guru mengikuti aktivitas yang sedang berlangsung di kelas, mengatasi situasi tumpang tindih secara efektif, menjaga kelancaran dan kontinuitas pelajaran, melibatkan murid dalam berbagai aktivitas yang menantang, menunjukkan sikap tangkap, membagi perhatian, memusatkan perhatian, memberikan petunjuk yang jelas dan menegur dan memberi penguatan

Keywords: Keterampilan Guru, Pembelajaran yang Efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Muhtadi, Menciptakan Iklim Kelas (Classroom Climate) yang Kondusif dan Berkualitas dalam Proses Pembelajaran, Majalah Ilmiah Pembelajaran Nomor 2, Vol. 1 Oktober 2005.

Antar P & Supriyadi P.2016.”Community Of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan”.Lentera Pustaka 2(2)
Bluestin, Jane. 2013. Manajemen Kelas. Jakarta: PT Indeks.
dan Berkembang, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Khodijah,Nyanyu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan Edisi kedua. Jakarta: Kencana.

Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Sri Esti Wuryani. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Sri Haryati, Keterampilan Mengelola Kelas dalam Menciptakan Pembelajaran yang Kondusif, Jurnal Ilmiah Dinamika, Vol. 25, No.2. 15 September 2007.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ummu Hany Almasitoh, Menciptakan Lingkungan yang Positif untuk Belajar, Jurnal Magistra, No. 79. Th. XXIV Maret 2012.

Winkel, W. S. 2015. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Published
2021-07-31
How to Cite
dewi, tri. (2021). KETERAMPILAN GURU DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 66-72. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.1031
Section
Articles