Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Teknik Mencari Pasangan Kartu Soal Siswa Kelas V SD

Authors

  • Badriyah Badriyah SD NEGERI 2 JATIMULYO OKU TIMUR

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v1i1.406

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Teknik Mencari pasangan Kartu Soal Siswa Kelas V SD Negeri 2 Jatimulyo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan kartu soal di kelas V SD Negeri 2 Jatimulyo. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 14 orang siswa. Analisis data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan tahap pelaksanaan siklus, mengalami peningkatan terbukti nilai rata-rata pada siklus I mengalami peningkatan dibanding pra siklus yaitu dari  54,28 menjadi 67,85, dengan presentase ketuntasan 28,5% menjadi 57,14%. Kemudian rata-rata pada siklus II meningkat dari siklus I yaitu dari 67,85 menjadi 85,7, dengan presentase ketuntasan 57,14% menjadi 85,7%. Dapat disimpulkan dengan menggunakan Model Pembelajaran mencari pasangan kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-25

How to Cite

Badriyah, B. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Teknik Mencari Pasangan Kartu Soal Siswa Kelas V SD. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 1(1), 11–15. https://doi.org/10.30599/jemari.v1i1.406

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 1270 | File Views: 1202