Pengaruh Metode Pembelajaran Tari Bambu Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran IPA di Pendidikan Dasar

Authors

  • Sri Enggar Kencana Dewi STKIP Nurul Huda OKU Timur
  • Ratih Purnama Pertiwi

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v1i1.407

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan di SDN Ulak Buntar. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sebelum dan sesudah tindakan (menerapkan metode pembelajaran Tari Bambu).  Teknik pengambilan sampelnya dengan sample random sampling, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t untuk dua sampel kecil yang satu sama lain saling berhubungan. Hasil penelitian yang dibahas adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan mengalami peningkatan nilai mean pada pree-test dan post test, yaitu 5,8 (pree-test) meningkat menjadi 7,8 (post-test). Kemudian, ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan. Dengan melihat hasil uji hipotesis yang di dapat dalam perhitungan (to = 12,05) dan besar t yang tercantum pada table t (tt.ts 5% = 2,08 dan tt.ts 1% = 2,83) maka dapat diketahui bahwa to lebih besar daripada tt, yaitu 2,09 < 12,05 > 2,86.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-25

How to Cite

Dewi, S. E. K., & Pertiwi, R. P. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Tari Bambu Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran IPA di Pendidikan Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 1(1), 16–20. https://doi.org/10.30599/jemari.v1i1.407

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 1402 | File Views: 1275