Penerapan Metode Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPA dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Resti Septiksari STKIP Nurul Huda OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v1i1.408

Abstract

Kurang tepatnya guru dalam memilih suatu metode pembelajaran akan berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Metode yang dapat diterapkan adalah metode TGT yaitu salah satu metode pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan tiga sampai lima orang yang memiliki kemampuan dan latar belakang yang berbeda. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan metode Team Games Tournament pada mata pelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Senumarga. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, penulis mengambil kelas V yang berjumlah 12 siswa. Menurut Suharsimi Arikunto yaitu apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Metode yang digunakan adalah metode observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus tinggi, sedang, rendah (TSR) kemudian untuk mencari pengaruh penerapan metode TGT terhadap prestasi belajar siswa, dapat dihitung dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan sifat benda setelah diketahui bahwa terdapat 5 (41,67%) siswa dalam kategori tinggi, 4 (33,33%) siswa termasuk dalam kategori sedang dan 3 (25%) siswa termasuk dalam kategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-25

How to Cite

Septiksari, R. (2019). Penerapan Metode Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPA dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 1(1), 21–29. https://doi.org/10.30599/jemari.v1i1.408

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 1290 | File Views: 1266