Analisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Semester II Prodi PGMI STKIP Nurul Huda OKU Timur
DOI:
https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.598Keywords:
Minat Belajar, Dukungan Orangtua, Sarana dan PrasaranaAbstract
Berdasarkan teori motivasi menjadi faktor paling dominan yang mempengaruhi proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, diantaranya: (1) minat belajar, (2) dukungan orangtua, (3) sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cara pelaksanaannya adalah survei. Fokus penelitian yaitu mahasiswa PGMI STKIP Nurul Huda Sukaraja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara minat, dukungan orangtua dan sarana prasarana dengan motivasi belajar mahasiswa PGMI STKIP Nurul Huda Sukaraja. Hal ini juga mengindikasikan bahwa semakin tinggi minat, dukungan orang tua dan sarana prasarana maka motivasi belajar yang dimiliki juga semakin tinggi.
Downloads
References
Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta:Pt. Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Minarti, Sri. 2011. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Purwanto. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung:Rosdakarya.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Shalahudin. M. 2000. Pengantar Psikologi pendidikan. Surabaya:PT. Bina Ilmu
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
W.S Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. (akarta: Gransindo. Cetakan 4