Relevansi Strategi Pembelajaran Tematik pada Mata Pelajaran Matematika Jenjang Pendidikan Dasar

  • Muhamad Farizal UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Abstract

Proses pembelajaran yang baik merupakan pembelajaran yang menghasilkan suatu hasil dari tujuan yang ingin dari pembelajaran tersebut.Pembelajaran itu sendiri terdiri dari berbagai macam aspek penunjangnya, salah satunya ialah strategi pembelajaran. Penelitian ini lebih berfokus kepada bagaimana implementasi strategi pembelajaran tematik pada mata pelajaran matematika jenjang sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan studi pustaka melalui sumber pustaka dari berbagai sumber literatur tentang strategi pembelajaran tematik dan mata pelajaran matematika. Kemudian dianalisis dan disajikan hasil temuan data secara objektif. Hasil dari Penelitian ini berkaitan dengan pemakaian dan pemilihan cara belajar yang tepat untuk materi pembelajaran dapat menghasilkan suatu produk yang baik pula. Selain pemilihan dari suatu strategi yang tepat terhadap materi pembelajaran, pada penerapannya juga sangat menunjang terhadap hasilnya. Penyesuain kepada setiap peserta didik juga menjadi hal yang tepat untuk mencapai tujuan dalam proses belajar itu sendiri. Sehingga peran seorang guru dalam mendesain kembali juga menjadi faktor utama keberhasilan dari proses pembelajaran itu sendiri.

Keywords: Strategi Pembelajaran, Tematik, Mata Pelajaran Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Prastowo. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Panduan Lengkap Aplikatif. Diva Press.
Hadari, N. (2015). Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembagas Pendidikan. CV. Haji Masagung.
Pamuji, Z. (2017). Implementasi Manajemen Pembelajaran Ramah Anak Dalam Menanamkan Karakter Disiplin (Studi pada Upaya Guru Kelas 1A di MA Muhammadiyah Beji). Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 12(2), 235–255.
Tritanto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenamedia Grup.
Abdul Majid. (2013).Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Imanuel Sairo Awang. (2017).Strategi Pembelajaran, Tinjauan Umum Bagi Pendidik. Kaliantan Barat: STKIP Persada Khatulistiwa.
Indrawati, Wanwan Setiawan. (2009).Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangan Untuk Guru SD. Jakarta: PPPPTK IPA.
Junaidah, Junaidah.(2015) “Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1, 118–33.
Kemendikbud. (2017).Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta: Kemendikbud.
Ridwan Abdullah Sani. (2018).Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. (1991).Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta: Bumi Aksara.
Supriadi Saputro. (2000).Strategi Pembelajaran, Bahan Sajian Program Bahan Mengajar. Malang: Universitas Negeri Malang.
W Gulo. (2008).Strategi Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.
Wina Sanjaya. (2016).Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Published
2021-01-28
How to Cite
Farizal, M. (2021). Relevansi Strategi Pembelajaran Tematik pada Mata Pelajaran Matematika Jenjang Pendidikan Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(1), 1-9. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.714