IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMA 1 SUB TEMA 1 SISWA KELAS BAWAH MI SUBULUSSALAM 02 SRIWANGI

  • Siti Nurjanah STKIP NURUL HUDA SUKARAJA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pendidikan karakter pada proses pembelajaran tema 1 sub tema 1 siswa kelas bawah di MI Subulussalam 02 Sriwangi mulai dari perencanan proses dan evaluasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil analisis implementasi Pendidikan karakter pada proses pembelajaran tema 1 sub tema 1 siswa kelas bawah MI subulussalam 02 Sriwangi yaitu Perencanaan pendidikan karakter yang dilakukan guru pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi perencanaan berupa silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang diintegrasikan nilai – nilai pembentuk karakter, perencanaan pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik siswanya. Metode pembelajaran diserahkan langsung kepada masing-masing guru karena setiap guru mempunyai trik-trik dan strategi yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan keadaan lingkungan sekolah dan siswanya. Sistem evaluasi di MI Subulussalam 02 Sriwangi melihat dari ulangan harian, ulangan semester, ulangan tengah semester, dan pengamatan keseharian tingkah laku anak namun untuk masa pandemi ini proses pembelajaran dilakukan daring maka untuk melihat proses pembelajaran itu dapat dilihat dari grup kelas. Selain itu sering juga dilakukan untuk para guru untuk mengetahui aktivitas – aktivitas yang dilakukan oleh guru dan peserta didik serta mengetahui kendala apa saja yang dialami oleh guru.

Kata kunci: Pendidikan karakter, Proses belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-29
How to Cite
Nurjanah, S. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMA 1 SUB TEMA 1 SISWA KELAS BAWAH MI SUBULUSSALAM 02 SRIWANGI. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 51-57. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.851
Section
Articles