Penerapan Model Learning Cycle Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika

Authors

  • Syarah Aini Mahasiswa
  • Yayan Carlian Universitas Sunan Gunung Djati
  • Dede Rohaniawati Universitas Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.900

Keywords:

Kemampuan Literasi Matematika, Literasi Matematika, LC

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kemampuan literasi metematika siswa sebelum dan setelah menggunakan model Learning Cycle 5E. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas III MI Matla’ul Atfal Kota Bandung yang berjumlah 18 orang. Berdasarkan hasil penerapan model Learning Cycle 5E adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa. Hasil aktivitas guru siklus 1 tindakan I, 88%, siklus I tindakan II, 94%, siklus II tindakan I, 100%, siklus II tindakan II, 100%. Hasil aktivitas siswa siklus I tindakan I, 60%, siklus I tindakan II, 71%, siklus II tindakan I, 79%, siklus II tindakan II, 86%. Kemampuan literasi matematika siswa pra siklus hanya memperoleh nilai rata-rata 47 (sangat kurang), pada siklus I tindakan I memperoleh hasil 64 (kurang),  pada siklus I tindakan II meningkat dengan hasil 76 (cukup baik), selanjutnya pada siklus II tindakan I mengalami peningkatan dengan hasil 79 (baik) dan  tindakan II memperoleh hasil cukup memuaskan yaitu 81(baik). Maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andes Safarandes, dkk. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematika.Scholaria, vol 7 no 2: 135-142
Aisyah, Ade (2013). Landasan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Anthony W. Lorsbach. (2002). The Learning Cycle as A tool for Planning Science Instruction. Online (http://www.coe.ilstu.edu/scienceed/lorsbach/257lrcy.html, diakses pada 20 Maret 2018)
Cigdem Arslan. (2012). A study on mathematical literacy self-efficacy beliefs of prospective teacher. Social and behavioral Sciences. 46
Fajaroh F dan I.W. Dasna. (2008). Model-Model Pembelajaran Inovatif:Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Malang: UM Press.
Hayati, Tuti (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV. Insan Mandiri.
Heruman, (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja.
Nurul Haq, Dadan (2012). Pendidikan Akidah Akhlak. Bandung: Fajar Media
OECD. (2014). “PISA 2012” Results: What Students Know and Can Do”. OECD Publications, vol.1. (Februari 2014:5-61).
Purwanto, Ngalim (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran: PT Remaja Rosdakarya
Rizema Putera, Sitiatavia (2012). Berbagai Alat Bantu Untuk Memudahkan Belajar Matematika. Yogyakarta: Diva Press.
Ruseffendi (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung; Tarsito Bandung.
Sunar Prasetyono, Dwi (2008). Pintar Jarimatika. Yogyakarta: Diva Press.
Suryadi, Didi (2012). Membangun Budaya Baru dalam Berfikir Matematika. Bandung: Rizqi Press.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Aini, S., Carlian, Y., & Rohaniawati, D. (2021). Penerapan Model Learning Cycle Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 83–89. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.900
Abstract Views: 907 | File Views: 850