Problematika Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) di Kelas III SD Negeri 1 Tugu Harum

Authors

  • Puput Riani STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Ratih Purnama Pertiwi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Nesi Anti Andini STKIP Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.924

Keywords:

Problematika Pembelajaran, ABK, AUTIS

Abstract

Seluruh warga negara berhak mendapatkan pendidikan tanpa membedakan asal – usul, status sosial ekonomi, maupun keadaan fisik seseorang termasuk anak – anak yang memiliki kelainanan sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 31 ayat 1. . Berdasarkan latar belakang masalah penelitian yang dikemukakan di atas, maka peneliti tertarik untuk menganalisis bagaimana proses pembelajaran anak autis dan problematika apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menangani anak berkebutuha khusus anak autis di SD Negeri 1 Tugu Harum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif pula, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi da dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Proses pembelajaran di SD Negeri 1 Tugu Harum yaitu guru memberikan materi sesuai dengan kurikulum dari siswa reguler. Akan tetapi, tentu ada penyederhanaan  untuk siswa autis seperti pada kemampuan bernalar. Problematika  ketika proses pembelajaran  siswa autis di SD Negeri 1 Tugu Harum  yaitu problem sarana penunjang, ketidak ketercapaian pembelajaran, problem materi, problem motivasi, problem konsentrasi, problem pembelajaran ketika siswa autis tidak siap dalam proses pembelajaran atau menolak pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin Ina . (2016). Manajemen pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Sumbersari 1 kota Malang. Education and Human Development Journal , Vol.01, No. 01.
Ali Muhammad, Asrori M. 2009. Psikologi Remaja. Jakarta : BumiAksara.
Atmaja, Jati Rinakri. 2017. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Baihaqi, MIF dan Sugiarmin. 2014. Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung : Refika Aditama.
Ballerina, T. 2016. Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis Dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf. Journal of Disability Studies . vol. 3, No. 2, ISSN.245-266.
Bashir, A, et al. 2014. Challenge Faced by Families of Autistic Children. International Journal of Interdisciplinary research and Innovation. Vol. 2, Issue 1, PP : 64-68.
Bujang, N. A, Jima’ain, M. T., & Saari, Z. 2020. Penerapan Konsep IKHLAS Dalam Menyantuni Anak Istimewa (Autisme) (Implementation of IKHLAS Concept In Treating Special Needs). UMRAN-International Journal of Islamic and Civilization Studie. Vol 6 No 3-2.
Gunarto. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang : Unissula Press.
Ichsan, M., & Iswari, M. 2019. Pelaksanaan Pembelajaran IPA Bagi Anak Autis di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus. Vol. 7, No. 243-248.
Idi Abdullah. 2016. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Jogjakarta : Ar – Ruzz Media.
Karwono, Mularsih Heni. 2017. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok : Rajawali Pers.
Mayzan Ichsan, Mega Iswari. 2019. Pelaksanaan Pembelajaran IPA Bagi Anak Autis di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus. Vol .7, No. 1. Hlm 2-6 ISSN : Online 2622-5077.
Padmadewi, N. N., & Artini, L.P. 2017. Teaching English to a Student With Autism Spectrum Disorder in Reguler Classroom in Indonesia. International Journal of Instruction, 10 (3), 159-176. ISSN 1694-609X.
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta : Diva Press.
Purwanta, Edi. 2012. Modifikasi Perilaku Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ratih, Y. 2016. Analisis Faktor Yang Berhubungan dengan Praktik Pendidikan Seks oleh Ibu yang Memiliki Anak Autis Usia Remaja (studi di SLB Negeri Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-journal), 4(2), 238-246.
Rusman. 2016. Model – Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Saichu, A. C.,& Listiyandini, R. A. 2018. Pengaruh Dukungan Keluarga dan Pasangan Terhadap reseliensi Ibu yang Memiliki Anak dengan Spektrum Autisme. Psikodimensia, 17(1), 1-9.
Santoso, M. B.,& Rachmasari, Y. 2017. Peran Pekerja Sosial Dalam Penanganan Anak Autis. Share : Social Work Journal, 7(2), 38-45.
Sari, N. 2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 1, No 2 November 2016. Hal 31-35 p-ISSN : 2477-5916 e-ISSN : 2477-8370.
Suprijono Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Tarnoto, N. 2016. Permasalahan – Permasalahan yang dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat Sd. Humanitas : Jurnal Psikologi Indonesia, Vol 13 No 1, 50-61 ISSN 2622-5077.
Usop, D. S. 2014. Model Pendidikan Yang Diberikan Oleh Guru Pada Anak Autis di SLB Negeri 1 Palangka Raya. Anterior Jurnal, Vol 13 No 2, 198-204.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Riani, P., Pertiwi, R. P., & Andini, N. A. (2021). Problematika Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) di Kelas III SD Negeri 1 Tugu Harum. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 73–82. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.924
Abstract Views: 2797 | File Views: 2026