Integrasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V MI/SD

Authors

  • Dian Nafi Firdhaus Pogram Studi Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Istiqamah Isti Uin sunan kalijaga
  • Nurul Aflah Pogram Studi Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.991

Keywords:

Nilai-Nilai Agama, Integrasi, Pembelajaran Tematik

Abstract

Berbagai permasalahan serta problematika pendidikan di Indonesia seiring dengan bertambahnya waktu semakin kompleks. Rendahnya pemahaman nilai-nilai  agama Islam menjadi sorotan masyarakat dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran di Indonesia yang saat ini dilakukan secara integrative atau tematik memberikan kebebasan terhadap pendidik dalam mengintegrasikan strategi, media, metode, atau beberapa materi pembelajaran dalam satu pertemuan pembeljaaran. Proses pembelajaran tematik yang saat ini dilaksanakan sangat minim sekali dengan integrasi nilai-nilai agama Islam, hal ini dibuktikan dengan rendahnya pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai agama Islam serta banyak terjadi peyimpangan dan pelanggaran-pelanggaran nilai atau  norma di lingkungan Sekolah,  oleh sebab itu dalam peneltitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seperti apa integrasi nilai-nilai agama islam terhadap proses pembelajaran tematik yang saat  ini menjadi permasalahan yang di alami oleh kebanyakan peserta didik dengan rendahnya pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai keagamaan. Peneliti dalam melaksankan kegiatan penelitian menggunkan metode penelitianlibrary research dengan mengambil sumber data dari jurnal atau artikel  peneltian. Penelitian yang akan dilakukan oleh penwliti bertujuan 1) Mengetahui nilai-nilai ajaran agama Islam yang diterapkan dalam pembelajaran tematik kelas V SD/MI, 2) Mengetahui cara atau metode yang diintegrasikan oleh pendidik dalam membiasakan nilai-nilai agama Islam terhadap peserta didik melalui pembelajaran tematik, 3) Mengetahui faktor pendukung dan pengehambat dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan terhadap peserta didik melalui pembelajaran tematik. nilai-nilai agama mampu menghadirkan suatu kontruksi wacana kegamaan yang kontekstual dengan memperhatikan apa yang ada di lingkungan sekitar dengan tema yang ada. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian studi pustaka (Library Reseaarch)  hal ini dikarenakan sumber data yang tidak mudah untuk didapatkan di lapanagan dan mengharuskan mengambil sumber data dari buku, jurnal atau artikel penelitian yang membahas fokus penelitian yang hampir sama dengan fokus penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti “Integrasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembelajaran Tematik. Pendekatan dalam penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif, hal ini  dikarenakan peneltian yang dilakukan oleh peneltiti membahas fenomena atau kejadian sosial yang menjadi permaslahan dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1–16.
Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85–98.
Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(1), 177–186.
Cahyono, H. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 1(02), 230–240.
Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia. Https://Doi.Org/10.7454/Ai.V0i52.3318
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49.
Imelda, A. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227–247.
Irwansyah, M. (2020). Pengaruh Bahan Ajar Sistem Reproduksi Manusia Terintegrasi Nilai-Nilai Alquran Terhadap Sikap Spiritual Siswa. Pedagogos (Jurnal Pendidikan), 2(1), 1–7.
Jeumpa, N. (2017). Nilai-Nilai Agama Islam. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 4(2), 101–112.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49.
Ma’rufah, A. (2020). Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Upaya Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah). Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 125–136.
Mawardi, M., Wardani, N. S., Hardini, A. T. A., & Kristin, F. (2019). Model Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Kontekstual Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Belajar Siswa Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 48–61.
Mukhadis, A., & Ulfatin, N. (2016). Prototipe Pembelajaran Terintegrasi Model Shared Berbasis Gallery Project. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (Jpp), 21(2), 132–145.
Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, 4(1).
Nurjanah, F., Triwoelandari, R., & Nawawi, M. K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Dan Sains Untuk Meningktakan Karakter Religius Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 178–181.
Rachmawati, T. N., & Supardi, Z. I. (2021). Analisis Model Conceptual Change Dengan Pendekatan Konflik Kognitif Untuk Mengurangi Miskonsepsi Fisika Dengan Metode Library Research. Pendipa Journal Of Science Education, 5(2), 133–142.
Rahmawati, R., & Sumedi, S. (2020). Pendidikan Nilai Agama Dan Moral Anak Melalui Kegiatan Bermain Sains. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 95–129.
Retnowati, P. (2018). Agama, Konflik Dan Integrasi Sosial Refleksi Kehidupan Beragama Di Indonesia: Belajar Dari Komunitas Situbondo Membangun Integrasi Pasca Konflik. Sangkép: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 1(1), 1–28.
Salsabila, U. H., Wati, R. R., Masturoh, S., & Rohmah, A. N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 127–137.
Sugiyono, P. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alpabeta, Bandung.
Sukrin, S. (2015). Guru Pendidikan Agama Islam Dan Transformasi Nilai Keislaman Dalam Perubahan Sosial. Kreatif: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 13(2), 209–220.
Susanti, A. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Pembinaan Akhlak. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 277–298.
Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik Di Kelas 2 Sd Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139–144.
Widyaningrum, R. (2012). Model Pembelajaran Tematik Di Mi/Sd. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 107–120.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Firdhaus, D. N., Isti, I., & Aflah, N. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V MI/SD. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 58–65. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.991
Abstract Views: 3569 | File Views: 2327