PENGEMBANGAN LKM PENULISAN KARYA ILMIAH BERBASIS LIKIKU PADA MAHASISWA PBSI STKIP NURUL HUDA

  • Suryani Suryani STKIP NURUL HUDA
  • Indah Sulmayanti STKIP NURUL HUDA
  • Diana Melinda STKIP NURUL HUDA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk bahan ajar berupa Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pembelajaran Penulisan Karya Ilmiah untuk mahasiswa Prodi PBSI STKIP Nurul Huda. Metode yang digunakan adalah metode research and development (R&D) dengan mengadaptasi teori Brog and Gall dari 10 tahapan pengembangan produk menjadi 4 tahap utama pengembangan produk yakni 1) tahap studi pendahuluan, 2) tahap studi pengembangan, 3) tahap validasi dan evaluasi, dan 4) tahap implementasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Data akan dianalisis berdasarkan jenisnya yakni data kualitatif akan dianalisis dengan membaca, menulis, mengklasifikasi, dan mendeskripsikan, sedangkan data kuantitatif akan dianalisis hasil dari uji kelayakan dan respon mahasiswa. Pada penelitian ini telah berhasil mendesain sebuah produk pembelajaran yang baik untuk MK Penulisan Karya Ilmiah berupa LKM yang fokus pada materi stuktur penulisan skripsi. LKM ini sudah layak untuk diujikan secara terbatas tetapi untuk uji luas harus mengikuti beberapa saran perbaikan atau catatan revisi dari validator. Hasil angket pengguna memberikan gambaran akan besarnya peluang untuk LKM ini dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah.

Keywords: LKM, penulisan karya ilmiah, LIKIKU

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azra, A. 2001. Pendidikan Islam Tradisional dan Modern Menuju Melenium Baru. Bandung: Mizan.

Burnaissen, M. 2012. Kitab Kuning, Pesantren, dan Tarekat. Yogyakarta: Gading Publishing.

Fitriyah, Lailatul. Dkk. 2019. Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja OKU Timur. Titian Ilmu.Vol.11 (1). https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/351/206. Diakses pada tanggal 12 Agustus2019

Gal, Meredith D., Gall, Joyce P& Borg, Walter R. 2003. Educational Research: An Introduction. 7th edition. Boston: Pearson Education. Inc.

Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nisa, Hany Uswatun. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kontekstual untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol 5, No. 2. Diakses 19 Desember 2020.

Pane, Aprida & Muhammad Darwis Dasopang. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Padangsidempuan: Jurnal Fitrah Vol.03 No.2. Diakses 22 Desember 2020

Simaremare. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bergambar pada Materi “Teks Percakapan” pada Siswa Kelas V SD ST. Yosept Medan. Jurnal Edukasi Kultura, Vol.5, No.2. Diakses 19 Desember 2020.

Sumadiyo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supriyadi. 2013. Penulisan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Konstruktivisme: Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah yang Inovatif dan Konstruktif. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.

Suryani, Hastuti Retno Kuspiyah, dan Lailatul Fitriyah. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Membaca Pemahaman Literal Berbasis Literasi Kitab Kuning pada Mahasiswa Program Sudi PBSI STKIP Nurul Huda Sukaraja. Jurnal Geram. Vol.8, No.2. Diakses 22 desember 2020.
Published
2021-06-26
Section
Articles