PENGEMBANGAN LKPD MENULIS TEKS NARASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KOMERING DI SMP

  • Shakti Abdillah Pratama STKIP NURUL HUDA
  • Herni Fitriani STKIP NURUL HUDA
  • Fisnia Pratami STKIP NURUL HUDA

Abstract

Pengembangan bahan ajar perlu dilaksanakan untuk membantu pembelajaran berlangsung secara efektif. Masalah dalam artikel ini yaitu bagaimanakah proses mengembangkan lembar kegiatan peserta didik menulis teks narasi berbasis kearifan lokal masyarakat Komering dan kelayakan sebagai bahan ajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dan mendeskripsikan kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik  Menulis Teks Narasi Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Komering. Metode penelitian pengembangan yang dipakai adalah metode menurut Borg dan Gall. Pengembangan ini menyederhanakan tujuh dari sepuluh langkah dalam prosedur pengembangan sehingga terbentuk produk LKPD Menulis Teks Narasi Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Komering. Penelitian dilakukan dengan tahap observasi, wawancara, penyebaran angket di SMPN 1 Martapura pada tahun ajaran 2021/2022. Produk diuji oleh tiga pakar yang relevan yaitu ahli bidang materi, ahli bidang media, dan ahli praktisi, Selanjutnya, produk diujicobakan kepada peserta didik kelas VII SMP. Hasil penilaian dari tiga validator yaitu, ahli materi mendapat persentase penilaian 95% kategori sangat layak, ahli media mendapat persentase 85,4% kategori sangat layak, ahli praktisi persentase 86,4% kategori sangat layak.

Keywords: bahan ajar, teks narasi, dan kearifan lokal Komering.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Borg dan Gall. 2003. Educational Research an Introduction,Seventh Editions. University of Oregon. United State of America.

Daryanto dan Aris Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan ajar). Yogyakatra: Gava Media.

http://ejurnal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/download/265/234 (Diakses pada 11 Desember 2020)

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/article/view/10853 (Diakses pada 2 Desember 2020, 09:52 WIB)

Keraf, Gorys.2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulm 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningtiyas, Ana Ayu. 2019. Pengembangan LKPD Menulis Teks Narasi Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Lampung Untuk Siswa Kelas VII SMP. (Tesis). Lampung: Universitas Lampung.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

R, Himawan Bastari. 2019. Negeri Para Phuyang Hikayat Komering Pitu Phuyang. Jawa Tengah: CV. Intishar Publishing.

Riduwan dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Syahputra, Ridwan. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksposisi Berbasis Teks Kearifan Lokal di SMA.(Tesis). Medan: Universitas Negeri Medan.

Syani, Abdul. 2013. Menumbuhkan Kembali Nasionalisme Melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal. Lampung: http://staff.unila.ac.id/abdulsyani/2013. Diakses tanggal 17 Desember 2020.

Tarigan, Henry Guntur. 1987. Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wagiran. 2012. Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Budaya). Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun II, Nomor 3.
Published
2021-06-26
Section
Articles