PENGARUH BAHASA IBU TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI II BELITANG III

Authors

  • Madiah Hayati STKIP Nurul Huda OKU Timur
  • Dedi Mardiansyah STKIP Nurul Huda OKU Timur
  • Chabib Kusuma Jati STKIP Nurul Huda OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v3i2.1256

Keywords:

Pengaruh, Bahasa Ibu, Kemampuan Berbahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahasa ibu terhadap kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelas VII.1 di SMP Negeri II Belitang III tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi, suatu tuntutan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar menghasilkan pengaruh tertentu terhadap yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.I. Sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling, pengambilan sampel dari populasi secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh bahasa ibu. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berbahasa Indonesia peserta didik kelas  VII.I. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan skala dan tes kemampuan membaca. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0.014 < 0.05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Berdasarkan nilai tersebut diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) lebih kecil, sehingga Ho ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan terhadap pengaruh bahasa ibu terhadap kemampuan berbahasa Indonesia pada siswa kelas VII.I  saat pretest dan posttest.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aedi, Nur. 2010. Pengolahan dan Analisis Data Hasil Penelitian. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ghazali, A. Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Refika Aditama.

Nurgiatoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2021-11-14
Abstract Views: 1145 | File Views: 915