KALIMAT IMPERATIF DALAM CERAMAH KYAI DURI ASHARI

Authors

  • Prillia Ekaningtiass STKIP Nurul Huda OKU Timur
  • Mery Fetriani STKIP Nurul Huda OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v3i2.1257

Keywords:

Kalimat, Kalimat Imperatif, Ceramah

Abstract

Kyai Duri Ashari memiliki ciri khas dan keunikan yaitu memasukan bahasa Jawa “Yo ri” dalam ceramahnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kalimat imperatif dalam ceramah Kyai Duri Ashari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata. Sumber data berupa video ceramah Kyai Duri Ashari yang diunduh dari Youtube. Wujud data yakni  keseluruhan kalimat-kalimat yang mengandung kalimat imperatif dalam bahasa ceramah Kyai Duri Ashari. Pengumpulan  data penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Teknik analisis data menggunakan metode agih. Hasil analisis yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 6 kalimat imperatif yang berupa: (1) kalimat imperatif halus, (2) kalimat imperatif permintaan, (3) kalimat imperatif ajakan, (4) kalimat imperatif harapan, (5) kalimat imperatif larangan, dan (6) kalimat imperatif pembiaran. Kalimat imperatif yang paling dominan digunakan pada penelitian kalimat imperatif dalam ceramah Kyai Duri Ashari yaitu berupa kalimat larangan. Sedangkan kalimat imperatif yang paling sedikit digunakan yaitu kalimat imperatif yang berupa kalimat imperatif permintaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustin. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Indra, Warmida., dkk. 2019. Tuturan Imperatif dalam Ceramah Ustadz Abdul Somad. Jurnal Tuah: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 1. Nomor 2. Halaman 96-105.

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa Tahap Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pres.

Media, Monco. 2021. Kh. Duri Ashari 2021 “Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw”. https://youtu.be/ay-qFA4zqY8. Di unduh pada 05 Februari 2021.

Media, Monco. 2021. Pengajian Kh. Duri Ashari 2020 “Melawan Preman Kampungan”. https://youtu.be/kT9sFlYn4cU. Di unduh pada 05 Februari 2021.

Moeliono, Anton M., dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ke-4. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Charka Books: Solo.

Prihantini, Ainia. 2015. Master Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Bintang Pustaka.

Supriyani, Dwi., dkk. 2019. Istilah-Istilah Sesaji Ritual Jamasan Kereta Kanjeng Nyai Jimat Di Museum Kereta Keratin Yogyakarta. Jurnal Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 8. Nomor 1. Halaman 6-11.

Tarmini, Wini dan Sulistyawati. 2019. Sintaksis Bahasa Indonesia. Uhamka Press: Jakarta Selatan.

Downloads

Published

2021-11-14
Abstract Views: 638 | File Views: 737