NILAI BUDAYA DALAM CERITA LEGENDA DESA TUMIJAYA KECAMATAN JAYAPURA KABUPATEN OKU TIMUR

  • Syaiful Anam STKIP Nurul Huda OKU Timur
  • Sugiarti Sugiarti STKIP Nurul Huda OKU Timur
  • Shakti Apdilah Pratama STKIP Nurul Huda OKU Timur

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai budaya yang terdapat dalam cerita rakyat legenda terbentuknya Desa Tumijaya, Kecamatan Jayapura Kabupaten OKU Timur. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik penelitian lapangan. Hasil yang diperoleh ada lah ditemukannya sembilan nilai budaya dalam cerita legenda Desa Tumijaya. Nilai budaya tersebut yaitu nilai budaya menghormati orang lain, nilai keberagaman agama, nilai keberagaman suku, nilai menghargai keberagaman bahasa yaitu keberagaman bahasa yang dimiliki oleh penduduk Desa Tumijaya di antaranya ada Bahasa Jawa, Ogan, Komering, dan Batak. Nilai tanggung jawab yaitu kesadaran diri manusia terhadap semua tingkah laku dan perbuatan yang disengaja, nilai kasih sayang, nilai keberanian, nilai cinta tanah air, dan nilai pendidikan.

Keywords: Nilai Budaya, Cerita Legenda, Desa Tumijaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danandjaja, J. 2002. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng dan lain-lain. Pustaka Utama Grafiti.

Lisa Krisdayani Sitepu, Maria Natalia Situmorang, Wita Dewi, S. D. B. G. 2019. Eksplorasi Legenda Selang Pangeran sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia. BASA TAKA, 2.

Maesaroh, S. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan,1.

Spradley, J. A. 2006. Metode Etnografi. Terjemahan Mizbah Zulfa Elizabeth. Tiara Wacana.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Published
2021-11-14