ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI MORAL KUMPULAN CERPEN TUHAN BUAT VASTY SUNTINGAN ASEP SAMBODJA

Authors

  • Dedi Febriyanto STKIP NURUL HUDA
  • Suryani Suryani STKIP NURUL HUDA

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v2i1.818

Keywords:

Struktural, nilai moral, Cerpen, Tuhan buat Vasty.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik dan nilai moral yang terkandung dalam kumpulan cerpen Tuhan buat Vasty Suntingan Asep Sambodja. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan cerpen yang peneliti temukan saat membacanya. Teori struktural yang digunakan adalah teori Nurgiantoro, sedangkan teori nilai moral yang digunakan adalah teori Suseno. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui pendekatan objektif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Analisis struktural dalam penelitian ini menekankan pada analisis unsur-unsur intrinsik cerpen yang meliputi tema, tokoh, penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan amanat. Unsur-unsur tersebut membentuk satu kesatuan yang utuh dalam mewujudkan nilai-nilai moral di dalamnya. Adapun nilai moral yang terkandung di dalam cerpen meliputi kepedulian sosial, toleransi, kejujuran, kesediaan bertanggung jawab, keberanian moral, religiositas, bekerja keras, dan optimisme.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu M.Y. 2013. Analisis Struktural dan Nilai Moral Cerpen Te Bukuro Wo Kai Ni Karya Niimi Nankichi. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Diponegoro: Semarang.

Depertemen Agama RI. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Mahkota Surabaya.

Hafnita Nugraheny. 2014. Kajian Strukturalisme Objektif pada Novel Tretes Tintrim Karya Suparto Brata. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Ismawati, Esti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.

Jabrohim. 2015. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Linda Wijaya. 2015. Upacara Adat Kematian Masyarakat Tionghoa dalam perspektif Agama Kristen Protestan pada Yayasan Golgota Gereja Kristen Kalimantan Barat di Pontianak. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Hukum. Universitas Tanjungpura: Pontianak.

Mustamar, Marzuqi. 2014. Dalil-dalil Praktis Amaliah Nahdliyah. Surabaya: Muara Progresif.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Maja University Press.

Ratna, Nyoman Khuta. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohmadi, Muhammad & Yakub Nasucha. 2017. Dasar-Dasar Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Surakarta: Pustaka Briliant.

Sambodja, Asep. 2007. Tuhan buat Vasty. Jakarta: Buku Pop.

Sri Wahyuni. 2011. Perkawinan Beda Agama di Indonesia dan Hak Asasi Manusia. Jurnal Perbandingan Mazhab dan Hukum. 1 (1): 135-136.

Sri W.S. 2005. Nilai-Nilai Moral dalam Cerita Ramayana Karya Sunardi D.M.: Analisis Tokoh, Penokohan, Alur, Latar, dan Tema dan Relevansinya sebagai Bahan Pembelajaran Sastra untuk SMA Kelas X. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suseno, Frans Magnis. 2005. Etika Dasar: Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Jakarta: Pustaka Filsafat.

Tim Penyusun Pusat Kamus. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Zakiyah Yulianti, Rusdiana A. 2014. Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Downloads

Published

2021-01-12
Abstract Views: 3086 | File Views: 2655