PENGARUH SELF EFFICACY PESERTA DIDIK TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI KELAS XII SMK NURUL HUDA SUKARAJA

  • Ainun Jariyah Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Khafid Ismail Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Siti Afifah Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja

Abstract

Self efficacy mempunyai peranan penting dalam memotivasi peserta didik sehingga peserta didik SMK tidak hanya membutuhkan kreativitas melainkan juga self efficacy agar mampu menghadapi tantangan dan persaingan era globalisasi. Dalam menghadapi era globalisasi setiap peserta didik diharapkan untuk berjuang secara gigih dengan melalui pencapaian hasil belajar yang maksimal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh self efficacy peserta didik kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian expost facto. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja yang berjumlah 70 siswa, dengan seluruh populasinya akan digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data digunakan angket untuk variabel Self Efficacy(X) dan Minat Berwirausaha (Y). Analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Self Efficacy tergolong dalam kategori sedang dengan hasil kategorisasi menunjukkan angka 52,9%.(2) Minat Berwirausaha tergolong sedang dengan hasil kategorisasi menunjukkan angka 62,9%. (3) Self Efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha, yang dibuktikan dengan Thitung sebesar 9,469 dan Ttabelsebesar1,99547 sehingga Thitung  lebih besar dari Ttabel, dan variabel Self Efficacy memberikan sumbangan efektif sebesar 57 % terhadap Minat Berwirausaha peserta didik,dan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.

Keywords: Self Efficacy, Minat Berwirausaha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurhasan, R., Purnomo, E., & Sinaga, R. M. (2018). Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Dalam Upaya Meningkatkan Minat Berwirausaha. Jurnal Studi Sosial/Journal of Social Studies, 6(1).
Herianti, E., & Marundha, A. (2017). The Effect of Business Strategy on Manipulation of Real Activities.
Mustofa, M. A. (2014). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, self efficacy, dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
ADI PUTRA, N. A. N. A. N. G. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Sikap Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi. JURNAL PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN SIKAP BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI.
Farida, S., & Nurkhin, A. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan self efficacy terhadap minat berwirausaha siswa SMK program keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1).
Gregory, C., Darby-Dowman, K., & Mitra, G. (2011). Robust optimization and portfolio selection: The cost of robustness. European Journal of Operational Research, 212(2), 417-428.
Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
Published
2021-08-31
How to Cite
Jariyah, A., Ismail, K., & Afifah, S. (2021). PENGARUH SELF EFFICACY PESERTA DIDIK TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI KELAS XII SMK NURUL HUDA SUKARAJA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 5(02), 29-35. Retrieved from https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/1170