Pengaruh Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi

(Survey Kepada Siswa-Siswa Kelas XI IPS SMAN Se-Kota Bandung)

Authors

  • Amanda Utari Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syamsul Hadi Senen Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v2i1.279

Keywords:

Self Efficacy, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi survey kepada siswa-siswa kelas XI IPS SMAN Se-Kota Bandung. Manfaat Penelitian ini adalah memberikan informasi bahwa pentingnya self efficacy dimiliki siswa dalam proses pemebalajaran. Populasi dalam penelitian ini sebanya 3907 siswa, sedangkan sampel penelitian di ambil sebanyak 363 siswa. Intrumen yang digunakan untuk data self efficacy berupa angket sebanyak 10 butir dan untuk data prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi berupa nilai Ujian Akhir Semster (UAS). Analisis pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan uji path sub struktur (uji t), nilai t hitung dan t tabel dengan derajat kepercayaan 95% satu arah diperoleh sebesar  1,649. Karena t hitung > t tabel yaitu 9,961 > 1,649, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Yang berarti self efficacy berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri di kota Bandung, hal ini juga dapat diketahui dengan melihat nilai probabilitasnya yaitu sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar adalah (0,403)2 = 0,1624 = 16,24%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-01

How to Cite

Utari, A., & Senen, S. H. (2018). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi: (Survey Kepada Siswa-Siswa Kelas XI IPS SMAN Se-Kota Bandung). UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.30599/utility.v2i1.279
Abstract Views: 2259 | File Views: 3166