Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMA Negeri 1 Cikarang Pusat

Authors

  • Maha Putra Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hari Mulyadi Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Eeng Ahman Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v2i1.280

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Pelajaran Ekonomi, Siswa SMA Negeri 1 Cikarang Pusat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Cikarang Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana data dikumpulkan dengan melakukan observasi, mengambil tes, dan melakukan wawancara. Dalam penelitian ini, peneliti memilih tiga kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Ngeri 1 Cikarang pusat masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil siswa dalam mengerjakan soal yang merujuk pada tingkat kemampuan berpikir kritis C4 dan C5 pada skor 20-60. Dari tiga kelas yang diamati, tidak ada siswa yang mendapat skor 80-100. Oleh karena itu, kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Cikarang Pusat secara khusus pada mata pelajaran ekonomi perlu ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-01

How to Cite

Putra, M., Mulyadi, H., & Ahman, E. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMA Negeri 1 Cikarang Pusat. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.30599/utility.v2i1.280
Abstract Views: 1619 | File Views: 3543