Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Paire Share Dan Tipe Two – Stay Two – Stray Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Bisnis

(Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Di Smk N 2 Karawang)

  • Ining Mukarromah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nanang Fatah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tjutju Yuniarsih Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: kemampuan berfikir kritis, Think-Pair Share, Two Stay – Two Stray

Abstract

Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen  berbentuk  kelompok eksperimen dan kontrol pretes-postes, dengan perlakuan pendekatan pembelajaran kooperatif Think-Paire Share dan pembelajaran Two – Stay Two – Stray l. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan secara umum dapat ditark kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Think-Pair  Share dan model pembelajaran Two Stay – Two Stray dapat meningkatkan  kemapuan berfikir kritis peserta didik.. Hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai Sig. sebesar 0,000 (0,000<0,05) berarti terdapat perbedaan peningkatan kemamuan berfikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas control. Pada Levene’s Test terlihat bahwa F =1,576 (p=0,127) karena p diatas 0,05, menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan varian pada nilai post testberarti data bersifat equal atau homogen. Terlihat pada t-test for Equality of Mean bahwa nilai t Hitung sebesar 10, 590 signifikasni >0.05 artinya t hitung lebih besar dari t tabel 1,9944 (dengan df = 70). Selain dari t Hitung  perbedaan kemampuan berfikir kritis peserta pada  kelas yang menggunakan metode Think-Pair Share dengan kelas yang menggunakan metode Two Stay – Two Stray  dapat dilihat pada niai signifkansi yang diperoleh yaitu 0,000 yang mana hasil ini lebih keci dari signifikansi alpha yaitu 0,025. Dari hasil ini dapat dikatakan bahwa ada perbedaan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada kelas yang menggunakan metode Think-Pair Share dengan kelas yang menggunakan metode Two Stay – Two Stray.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-06
How to Cite
Mukarromah, I., Fatah, N., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Paire Share Dan Tipe Two – Stay Two – Stray Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Bisnis. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 2(2), 85-97. Retrieved from https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/320
Section
Articles