PERKEMBANGAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN MERANGIN

Main Article Content

Elvina Safitri

Abstract

Pada prinsipnya kesuksesan suatu usaha industri terdapat dalam pemasaran penjualan hasil produksi. Pemasaran merupakan keseluruhan sistem dari semua kegiatan usaha agar dapat memuaskan kebutuhan   Di dalam pemasaran setiap jenis produk usaha industri bertujuan untuk mencari laba.Akan tetapi , pada saat  krisis moneter Juni 1997 banyak usaha industri yang mengalami kemerosotan dalam perolehan laba terutama industri yang menggunakan bahan baku impor. Namun, industri kecil/menengah masih tetap bisa bertahan meskipun dengan modal kecil. Oleh karena itu, maka dilakukan penelitian tentang perkembangan industri kecil menengah di Kabupaten Merangin agar dapat diketahui seberapa jauh perkembangan industri tersebut.


Penelitian yang menggunakan statistik deskriptif ini mengambil data sekunder dari dokumentasi instansi terkait. Semua data yang terkumpul dijelaskan kembali agar bisa dipahami oleh pembaca.


Dari hasil pengumpulan data diketahui bahwa pada tahun 2015 jumlah unit industri kecil/menengah di Kabupaten Merangin meningkat serta terdapat pula dua jenis usaha baru, yaitu kue basah dan abon. Meskipun mengalami peningkatan, namun terdapat pula beberapa jenis usaha industri yang mengalami kemerosotan. Oleh karena itu, perhatian dari berbagai pihak sangatlah dibutuhkan demi kemajuan industri kecil/menengah. Hal ini dikarenakan industri kecil/menengah merupakan salah satu faktor yang mendukung majunya industri nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Safitri, E. (2017, August 27). PERKEMBANGAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN MERANGIN. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 119-135. Retrieved from https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/72
Section
Articles

Article Metrics

Abstract view : 18 times