ANALISIS MANAJEMEN KOPERASI SEKOLAH DI SMK TAQWA BELITANG

  • M. Nanang Rifa'I STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur
  • Rusmiati Rusmiati STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur
  • Mursilah Mursilah STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur
Keywords: Manajemen, Koperasi Sekolah

Abstract

Dengan adanya kegiatan koperasi sekolah maka para siswa diharapkan dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sendirinya mereka akan mengenal seluk-beluk tentang manajemen koperasi sekolah di SMK Taqwa Belitang. Kegiatan koperasi sekolah ini merupakan wadah pembelajaran untuk siswa agar bisa langsung belajar sambil praktik lapangan. Di SMK Taqwa Belitang adalah salah satu bentuk koperasi yang pengurus dan anggotanya terdiri dari siswa/siswi yang ada di sekolah tersebut, hal ini lah yang menjadi daya tarik peneliti untuk meneliti subjek kegiatan koperasi sekolah yang ada di SMK Taqwa Belitang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan manajemen koperasi sekolah di SMK Taqwa Belitang, (2) Mendeskripsikan dampak dari adanya manajemen koperasi sekolah si SMK Taqwa Belitang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif jenis penelitian studi kasus, Tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni melalui observasi dan wawancara dengan menggunakan analisis data yang dilakukan secara terus menerus dari awal sampai akhir penelitian mulai dari mengumpulkan data reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajemen koperasi sekolah di SMK Taqwa Belitang bisa dikatakan berjalan dengan baik dan lancar walaupun ada sedikit permasalahan yang terdapat dalam keorganisasian koperasi sekolah tetapi dengan adanya bimbingan dan arahan yang diberikan oleh guru ekonomi akuntansi selaku pembina koperasi telah mengajarkan secara teori pada saat pembelajaran ekonomi yang berkaitan dengan koperasi sekolah dan mempraktikkan secara langsung kepada peserta didik bagaimana pengelolaan tersebut, (2) Dampak dari adanya manajemen dalam koperasi sekolah di SMK Taqwa Belitang membuat siswa tahu bagaimana berwirausaha, melihat peluang – peluang bisnis.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu masih ada kekurangan yang terdapat dalam manajemen koperasi sekolah yang ada di SMK Taqwa Belitang akan tetapi dengan adanya peneliti dan di bantu oleh pembina serta penasehat di SMK taqwa Belitang kekurangan yang ada di koperasi sekolah sudah bisa terselesaikan dan berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh pemerintah daerah dan UU RI No 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-29
How to Cite
Rifa’I, M., Rusmiati, R., & Mursilah, M. (2017). ANALISIS MANAJEMEN KOPERASI SEKOLAH DI SMK TAQWA BELITANG. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 143-156. Retrieved from https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/75
Section
Articles