PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI I BUAY PEMUKA PELIUNG

  • Suprehatin Suprehatin STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Eka Marwati STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Mursilah Mursilah STKIP Nurul Huda Sukaraja

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dasar teoritis kompleksitas materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menuntut adanya kesesuaian antara metode pembelajaran dengan karakteristik materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial itu sendiri seperti model pembelajaranProject Based learning. Rumusan masalah; Apakah terdapat pengaruh metodeProject Based learningterhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VII SMP N 1 Buay Pemuka Peliung?. Tujuan penelitian; untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Project Based learningterhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VII SMP N 1 Buay Pemuka Peliung ?.Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi EksperimenPopulasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 1Buay Pemuka Peliung Kecamatan Buay Madang Kabupaten OKU Timur yang berjumlah 135 peserta didik yang terdiri dari lima rombel dengan sampel dua kelas berjumlah 56 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan uji t-test. Hasil akhir penelitian ini adalah (1) Hasil belajar IPS peserta didik menggunakan metode Creative Problem Solving di kelas VII SMP N 1 Buay Pemuka Peliungadalah sedang yaitu dari 28 peserta didik terdapat 19 orang (67,86%) memperoleh hasil belajar kategori sedang, 2 orang (7,14%) kategori tinggi dan 7 orang (25%) kategori rendah dengan nilai rata-rata 78,36. (2) Hasil belajar IPS peserta didik menggunakan metode konvensional di kelas VII SMP N 1 Buay Pemuka Peliung adalah sedang yaitu dari 28 peserta didik terdapat 21 orang (75,00%) memperoleh hasil belajar kategori sedang, 5 orang (17,86%) kategori tinggi dan 2 orang (7,14%) kategori rendah dengan nilai rata-rata 66,64. (3) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar IPS peserta didik kelas VIISMP N 1 Buay Pemuka Peliung dengan nilai thitung8,37>ttabel 1,99 sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-27
How to Cite
Suprehatin, S., Marwati, E., & Mursilah, M. (2017, August 27). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI I BUAY PEMUKA PELIUNG. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2). Retrieved from https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/76
Section
Articles

Article Metrics

Abstract view : 17 times